Thursday, May 7, 2015

Pelabuhan di Karimun Jawa

pemandangan air

Pemandangan bawah air
Karimun Jawa, merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Karimun Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang mempunyai pantai yang indah. Dengan pantai yang bersih, pasir yang putih, serta biota laut yang masih banyak dan indah ini mendapat sebutan sebagai perawan jawa. Di bawah air Karimun jawa banyak terdapat fauna akuatik yang terdiri atas lebih dari 200 jenis ikan hias. Selain alam air, di Karimun jawa juga menjadi tempat untuk fauna fauna langka, seperti kera ekor panjang dan elang dada putih. Hewan langka lainnya adalah dua jenis penyu, yaitu penyu sisik dan penyu hijau.
Di Karimun Jawa mempunyai iklim tropis dipengaruhi angin laut yang bertiup sepanjang hari. Suhu rata-ratanya sekitar 26-30 derajat Celcius. Karimunjawa memiliki kekayaan ekosistem flora dan fauna mulai dari terumbu karang, hutan mangrove (Padang Lamun), hutan pantai, hingga hutan dataran rendah. Anda juga dapat berjalan menyusuri sejuknya hutan mangrove seluas 10,5 hektar dengan jalur sepanjang 2 km yang menyuguhkan aneka macam jenis pohon mangrove langka sekaligus Anda ikut menanam dan melestarikan mangrove di sana.
Penduduk yang ada di Karimun Jawa adalah penduduk multietnis meliputi suku Jawa, Bugis Makassar, dan Madura. Masyarakat Jawa tinggal di Dukuh Karimun, Dukuh Legon Lele, Dukuh Nyamplungan, dan Dukuh Mrican. Mata pencaharian utama mereka adalah bertani dan industri rumah tangga membuat batu bata merah dan minyak kelapa.  Masyarakat Bugis Makassar tinggal di Pulau Kemujan, Dukuh Batu Lawang, Dukuh Legon Gede, dan Dukuh Tlogo. Orang Bugis ini berprofesi sebagai nelayan.  Sementara masyarakat Madura selain berprofesi sebagai nelayan juga memiliki keterampilan membuat ikan kering.
Untuk menuju pulau karimun jawa, dapat ditempuh dengan menggunakan kapal yang dapat di naiki dari pelabuhan di kabupaten jepara. dan bisa menggunakan jasa penerbangan dari susi air dari surabaya atau semarang.
Jadwal Pesawat dari dan ke Karimun Jawa
 Di karimun Jawa masih jarang terdapat transportasi umum. hanya ada beberapa persewaan motor dan jasa mobil angkut. untuk penginapan, di daerah karimun jawa banyak yang menyediakan penginapan dengan harga yang beragam, mulai dari harga 100 rb - 200 rb.

Tagged:

0 comments:

Post a Comment